close

Saturday, July 1, 2017

Cara Membuat USB Gamepad Biasa Seperti USB Xbox 360 Controller pada PC

Selamat pagi sobat gamer sekalian... kali ini saya balik lagi dengan tutorial pertama kita.Kali ini saya akan membagikan sebuah info yang sangat berguna khususnya untuk para kalangan PC gamer tentang cara membuat USB Gamepad biasa/generik agar dapat bekerja layaknya USB Xbox 360 Controller.Hmm bagaimana? Cukup menarik bukan?

Salah satu kendala yang dialami para PC gamer adalah diperlukannya sebuah stick/controller saat memainkan sebuah game yang lebih mudah dimainkan menggunakan stick daripada menggunakan keyboard dan mouse.Hal ini dapat diatasi dengan cara membeli USB stick/controller untuk PC yang sudah banyak dijual di toko-toko game dan komputer.Akan tetapi beberapa game PC tidak kompatibel dan hanya dapat dijalankan dengan gamepad khusus yaitu USB Xbox Controller for Windows yang harganya cukup mahal dibandingkan gamepad generik biasa.Saat kita tidak dapat memainkan game favorit kita tentunya hal ini cukup membuat kita galau bukan?.Saya pribadi pun juga pernah mengalami masalah ini.

Pernah gak sih terlintas dalam pikiran kalian bagaimana cara membuat gamepad biasa namun juga dapat bekerja seperti USB Xbox Controller? Ya, hal ini benar-benar dapat diwujudkan.Baru-baru ini saya mendapat info yang cukup berguna untuk mewujudkannya hal tersebut yakni dengan menggunakan TocaEdit Xbox 360 Controller Emulator.Pastinya penasaran bukan?


Untuk merubahnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

1) Download TocaEdit Xbox 360 Controller Emulator.Buka website www.x360ce.com.


2) Klik link download yang tersedia diatas.Pilih sesuai versi game.Pastikan kalian mengetahui versi game yang dimainkan apakah 32bit atau 64bit.


3) Setelah selesai mendownload, ekstrak file, copy dan paste file tersebut ke dalam folder dimana game diinstall. Contoh : This PC > Local Disk (C) > Program Files (x86) > Moto GP17


4) Klik kanan pada file tadi, jalankan sebagai Administrator.Sebelumnya pastikan gamepad telah terhubung ke komputer.


5) Saat pertama kali menginstall akan muncul pilihan apakah mencari settingan di internet atau mencari di folder komputer.Disarankan mengunakan settingan dari internet.Kemudian klik create.Setelah selesai nanti komputer akan otomatis menyesuaikan semua tombol.Lakukan sedikit pengecekan terhadap semua tombol & analog.Bisa juga menggantinya secara manual.




6) Setelah selesai klik save dan jangan lupa keluar dari aplikasi sebelum menjalankan game.Jalankan game dan cek apakah gamepad bekerja dan tombol-tombolnya sesuai.


  • Note : Beberapa game membutuhkan settingan tambahan agar dapat berjalan sempurna.

Dengan cara ini kita dapat menjalankan game kesayangan kita tanpa perlu membeli USB Xbox 360 controller baru yang mana harganya lebih mahal sehingga tanpa perlu merogoh kocek lagi.

Demikian tutorial kita kali ini.Jangan lupa like & share untuk berlangganan dan mendapatkan info game menarik lainnya.Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan maupun pemberian nama.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Comments