close

Sunday, July 2, 2017

theHunter : Call of The Wild Review

Platform      :  Microsoft Window
Publisher     :  Avalanche Studios
Developer    :  Expansive Worlds
Genre           :  First-Person Shooter, Hunting, Open World, Simulation
Release        : 16 Februari 2017
Rating          :  ESRB (T) Teen, PEGI 16+






===============================================================================================================================

Introduction
The Hunter (dengan gaya tulisan theHunter) : Call of The Wild adalah sebuah game simulasi berburu yang diluncurkan oleh Avalanche Studios dan dikembangkan oleh Expansive Worlds. Game ini pertama kali rilis pada tanggal 16 Februari 2017. Berbeda dengan seri pendahulunya yaitu The Hunter Classic, yang dapat di download gratis, game ini merupakan versi berbayar yang dapat dibeli dan di download melalui Steam. Hingga saat ini game ini masih terus melakukan update perbaikan dan penambahan fitur baru.Game ini juga direncanakan akan rilis juga untuk versi console Playstation 4 dan Xbox One, namun untuk tanggal perilisannya belum ditentukan.


Gameplay
The Hunter : Call of The Wild merupakan game simulasi berburu dengan sudut pandang kamera first-person shooter. Game ini dapat dimainkan secara offline atau online multiplayer hingga 8 pemain.

Tidak seperti game shooting lainnya, game ini berfokus pada perburuan dimana kita tidak dianjurkan untuk menembak di bagian kepala melainkan mengarahkan tembakan ke bagian vital misalnya jantung atau paru-paru. Hal ini bertujuan agar binatang yang kita incar dapat langsung tersungkur dalam satu tembakan. Namun apabila tembakan kita meleset dan tidak memberikan damage yang berarti, kita tetap dapat mengikuti jejak darah mereka hingga akhirnya menemukan lokasi hewan tersebut tumbang. Jarak antara lokasi tertembak dengan lokasi mereka tersungkur tergantung dari besarnya damage yang kita berikan.Semakin kecil damage yang diderita maka akan semakin sulit kita melakukan tracking terhadap sasaran yang telah tertembak tadi. Lokasi penembakan akan berubah menjadi black spot dimana hewan-hewan tidak akan mendekati area tersebut hingga beberapa waktu. Black spot dapat kita lihat melalui map atau GPS. Area ini akan kembali netral dalam beberapa waktu.


Ada berbagai macam senjata tersedia yang dapat digunakan. Pada awal permainan, kita sudah dibekali beberapa perlengkapan standar seperti senapan, GPS, caller, dan binocular. Untuk penggunaan senjata pun terbagi menjadi beberapa kelas tergantung kelas hewan yang kita buru. Semakin efektif tembakan serta kecocokan senjata yang kita gunakan maka akan semakin besar pula uang dan experiance point (XP) yang kita dapatkan. Senjata yang lebih baik juga dapat kita beli, namun hanya akan terbuka setelah kita mencapai weapon score tertentu. Weapon score dapat kita tingkatkan dengan menangkap hasil buruan dengan jenis senjata sejenis Uang yang didapatkan dapat kita gunakan untuk membeli berbagai macam perlengkapan perburuan di post seperti senapan, peluru, obat, dll, yang tersebar di seluruh map.


Game ini juga memiliki fitur leveling dan skill tree yang mana apabila kita telah mencapai level tertentu, kita akan mendapatkan skill point dan juga perk yang digunakan untuk mendapatkan kemampuan tertentu.Hal ini tentunya membuat perburuan semakin mudah dan menyenangkan.Skill tree terbagi menjadi 2 jenis yaitu stalker dan ambusher yang dapat kita pilih sesuai gaya permainan kita.









Untuk menemukan hewan yang akan diburu, langkah pertama yaitu menemukan jejak kaki atau kotoran yang mereka tinggalkan. Dari situ kita dapat menggali informasi seperti tingkat kesegaran jejak dan prediksi arah mereka pergi. Seiring dengan bertambahnya skill dan perk yang kita dapatkan, informasi lain pun dapat kita ketahui misalnya jenis kelamin dan tipe kulit. Selain itu kita juga dapat mengikuti sumber suara yang terdengar di hutan (vocal call). Dengan mengikuti jejak mereka kita juga dapat menemukan titik dimana mereka mencari makan (feed zone), minum (drinking zone), dan beristirahat (rest zone). Dengan cara ini akan memudahkan mencari mereka sesuai jadwal kebutuhan mereka. Dalam permainan juga ada perburuan malam yang mana kita hanya dapat melihat jejak mereka dengan menggunakan lampu. Perburuan malam dimulai pada pukul 19.00 hingga 05.00.



Kita dapat memanfaatkan vegetasi alam sekitar untuk bersembunyi saat sedang mengintai buruan kita. Namun juga perlu di waspadai, berjalan melalui semak belukar menghasilkan suara lebih besar daripada berjalan melalui rerumputan di area terbuka. Selain itu hal yang juga harus diwaspadai adalah arah angin. Sebagian besar spesies binatang sangat peka terhadap penciuman dan suara. Hal ini membuat kita sulit untuk mendekati buruan. Suara gemuruh angin yang kencang dapat kita manfaatkan untuk menyamarkan suara langkah kita saat mendekati buruan. Solusi lain untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan item Scent Iluminator (penghilang bau).

The Hunter : Call of The Wild (saat ini) memiliki 2 setting tempat yang sangat luas.Saat pertama kali bermain kita akan diminta untuk memilih salah satu reserve (cagar alam) untuk memulai permainan, apakah Layton Lake District (area perbukitan khas Amerika), atau Hirschfelden (kombinasi area hutan lebat dan perkebunan ala Eropa). Tidak perlu bingung menentukan pilihan karena kita dapat bermain berpindah antar keduanya dengan cepat melalui map screen.



Pada setiap map tersebar beberapa lookout point yang mana apabila kita telah mencapai lokasi tersebut akan membuka interesting area di sekitarnya seperti post dan hunting point. Pada setiap map tersebar beberapa pos yang dapat kita gunakan beristirahat, memulihkan health, dan mempercepat penggantian siang dan malam.Di lokasi ini juga terdapat semacam storage yang digunakan untuk membeli ataupun menyimpan berbagai perlengkapan berburu seperti senapan, peluru, obat, caller, dll. Kita juga dapat melakukan fast travel antar post yang telah terbuka. Agar tidak tersesat saat menjelajah cagar alam yang sangat luas, kita dapat memberi tanda (marking) lokasi yang ingin kita tuju.

Masing-masing cagar alam terdapat beberapa binatang liar yang dapat diburu.Binatang yang dapat diburu pun berbeda-beda.Beberapa hewan memiliki warna dan motif bulu unik namun sangat langka dan sulit dicari.

>> Layton Lake District

Coyote (Rubah) - Animal Class : 1

Coyote kebanyakan tersebar di Amerika Tengah dan Utara dimana biasa ditemukan berkeliaran sendiri atau dalam kelompok kecil. Hewan ini kebanyakan berburu binatang kecil seperti kelinci atau ular, dan juga sangat mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan, bahkan daerah dekat dengan manusia.




Whitetail Deer (Rusa Ekor Putih) - Animal Class : 2

Rusa ekor putih dikenal sebagai salah satu spesies rusa yang paling cepat bergerak, mampu mencapai kecepatan luar biasa hingga 75 km / jam (47 mph) saat dikejutkan dan melarikan diri. Dapat dikenali dari ekornya yang putih dan bentuk tanduknya.Rusa ekor putih dapat ditemukan di berbagai lingkungan, dari hutan hingga padang rumput.



Blacktail Deer (Rusa Ekor Hitam) - Animal Class : 2

Dianggap sebagai subspesies rusa keledai, rusa ekor hitam itu berasal dari barat benua Amerika Utara. Menghindari daerah terbuka, kebanyakan terlihat di sekitar tepi hutan, padang rumput dan daerah dimana semak tumbuh subur.





Black Bear (Beruang Hitam) - Animal Class : 3

Meski dianggap relatif kecil dibandingkan spesies beruang lainnya, beruang hitam masih merupakan hewan yang sangat mengesankan, beratnya mencapai 250 kilogram (551 lbs). Beruang hitam dapat ditemukan di kawasan hutan yang luas dan memiliki indera pendengaran dan bau yang luar biasa, yang membuatnya sulit untuk didekati.



Roosevelt Elk (Rusa Roosevelt) - Animal Class : 3

Rusa Roosevelt terkenal dengan tanduknya yang besar dan runcing. Dapat ditemukan di berbagai medan yang berbeda seperti kawasan hutan, lahan rumput yang curam atau rata. Kebanyakan mereka bergerombol dalam kelompok besar. Perbedaan ukuran antara hewan jantan dan betina bisa sebesar 40%, dengan rata-rata pria seberat 330 kilogram (730 lbs).



Moose - Animal Class : 4

Tidak seperti banyak spesies dalam keluarga rusa besar lainnya, Moose adalah hewan yang agak soliter, penjelajah hutan dan padang rumput di belahan bumi utara. Moose dapat dengan mudah diidentifikasi oleh tanduknya besarnya yang khas, kaki yang panjang, dan moncongnya yang besar. Dan juga tidak seperti kebanyakan spesies rusa lainnya, perilakunya bisa berubah menjadi agresif dan diketahui akan menyerang saat dikejutkan atau terancam.





>> Hirschfelden

Red Fox (Musang Merah) - Animal Class : 0

Musang merah bisa ditemui di seluruh belahan bumi utara. Binatang ini dapat dengan mudah diidentifikasi dengan ciri khas bulu merah oranye serta ekornya yang tebal dan berbulu. Dengan ukuran tubuh yang kecil serta memiliki indera pendengaran dan penciuman yang tajam membuatnya sebagai master stealth di wilayahnya dan menjadi tantangan saat memburu mereka.



Roe Deer (Rusa Roe) - Animal Class : 1

Rusa Roe berasal dari benua Eropa dan sebagian besar dapat ditemukan di kawasan hutan, namun kadang-kadang dapat ditemukan di wilayah padang rumput atau ladang. Rusa ini dapat diidentifikasi dengan suara panggilan yang sangat berbeda, serta ukurannya yang relatif kecil, dan warna bulu yang unik.




Fallow Deer (Rusa Bera) - Animal Class : 2

Berasal dari Eropa barat, rusa bera dengan tanduknya yang khas dan bulunya berwarna coklat pucat bisa dilihat di berbagai area hutan dan ladang terbuka. Herbivora ini terkadang dapat mencapai berat hingga 100 kilogram (220 lbs) untuk pejantan dan 50 kilogram (110 lbs) untuk betina.



Wild Boar (Babi Hutan) - Animal Class : 2

Babi hutan adalah salah satu mamalia yang paling banyak tersebar dan sangat mudah beradaptasi yang dapat ditemukan di sebagian besar wilayah di Eropa dan Asia. Meski agak kecil, mereka mampu mencapai kecepatan mengesankan hingga 40 km / jam (25 mph) saat dikejutkan. Babi hutan adalah hewan sosial yang tinggal dalam keluarga dimana sang ibu paling sering berada di puncak hirarki. Babi hutan jantan dewasa sering ditemukan berkeliaran sendirian, namun diketahui untuk sementara bergabung dengan kawanan selama musim kawin.




Red Deer (Rusa Merah) - Animal Class : 3

Salah satu spesies rusa terbesar yang berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara. Rusa merah juga terkait dengan rusa Amerika. Mereka biasanya dapat ditemukan di daerah hutan tempat mereka tinggal berkelompok dan mudah dikenali dengan tanduk besar dan pola bulu merah-coklat.





European Bison (Bison Eropa) - Animal Class : 4

Salah satu hewan terbesar dan terberat yang berasal dari Eropa tengah, bison kayu Eropa hampir diburu sampai punah pada awal abad ke-20. Mencapai berat sampai hampir satu ton (2200 lbs). Dapat ditemukan di kawasan hutan dan padang rumput. Hewan ini diketahui akan mempertahankan dirinya dengan keras jika diprovokasi atau diserang.






Weapon
Senjata yang digunakan terdapat berbagai macam jenis dan terbagi menjadi beberapa kelas sesuai kegunaan. Peluru yang kita gunakan pun terbagi menjadi 2 jenis, polymer tip dan soft point bullet. Polymer tip memiliki daya tembus lebih besar sedangkan soft point bullet memiliki daya rusak lebih besar. Selain itu senjata juga dapat dilengkapi dengan iron sight untuk menembak jarak dekat, dan scope untuk menembak jarak jauh.

Rifle
  • .223 Docent
  • .243 Ranger
  • .270 Huntsman
  • 7mm Regen Magnum
  • .338 Rangemaster
  • Whitlock Model 86
  • .45-70 Coachmate Lever

Shotgun
  • Caversham Steward 12G
  • Cacciatore 12G

Bow
  • Razorback Lite CB-60
  • Hawk Edge CB-70

Pistol
  • Focoso 357
  • .44 Panther Magnum
  • Rhino 454


Nah... akhirnya selesai sudah review kita kali ini yang membahas tentang theHunter : Call of The Wild. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan maupun pemberian nama. Bila berkenan silakan share dan jangan lupa like fan page blog ini di pojok kanan atas untuk berlangganan dan dapat update terbaru mengenai postingan menarik lainnya.
-Erwin

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Comments