close

Monday, January 9, 2017

The Elder's Scroll V : Skyrim Tips and Trick [UPDATED]





The Elder's Scroll V : Skyrim merupakan salah satu game open world terpopuler bertemakan fantasi yang terinspirasi dari kehidupan bangsa viking kuno.Semua itu tebukti dengan banyaknya para gamer yang hingga saat ini masih setia memainkan game ini.Lingkungan alam yang indah dipadu dengan adanya berbagai macam makhluk hidup membuat kita betah mengeksplorasi seluruh area dengan map yang cukup luas.Ditambah lagi dengan adanya ratusan jenis mod (3th party mod) yang dapat kita terapkan sesuai keinginan kita membuat game ini semakin sempurna.


Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam bermain TESV : Skyrim

  • Jangan lupa melakukan save game sebelum memasuki area atau dungeon yang dirasa berbahaya.Dapat juga dilakukan dengan menekan hotkey F5 untuk quick save.
  • Cara tercepat leveling Pickpocket skill adalah belajar dari trainernya (misalnya Silda the Unseen) kemudian ambil kembali uangnya (pickpocket), jangan lupa quick save (F5) dulu jadi jika  ketahuan tinggal quick load (F9).Ulangi terus sampai level 100.
  • Follower sangat bermanfaat saat berpetualang di Skyrim.Dia bisa membantu kita melawan musuh, membawa barang2 kita, diperintah melakukan sesuatu termasuk pickpocketing atau membuka peti yang sulit dibuka sekalipun (lockpicking).
  • Manfaatkan aksesoris yang memiliki efek tertentu, buff dari blessing Nine Divines, dan beberapa efek "Standing Stone" yang tersebar diseluruh Skyrim untuk membantu kamu saat leveling dan mempermudah saat berpetualang.
  • Bila kamu sedang leveling skill tertentu kemudian level up dan mendapat 1 perk, sebaiknya gunakan perk tersebut pada skill tree yang sedang kamu leveling.Misalnya kamu sedang leveling Destruction skill, maka sebaiknya kamu gunakan perk untuk mengupgrade "Novice Destruction" perk pada skill tree Destruction skill sehingga lebih efektif saat leveling.Dengan cara ini membuat kamu lebih mudah mencapai skill level 100 untuk semua skill.Jangan khawatir dengan skill lainnya karena leveling setiap skill tree berbeda/masing2.Jadi misalkan Destruction skill kamu level 100 sedangkan Block skill kamu masih level 10, leveling Block skill kamu tidak akan sesulit saat kamu leveling Destruction skill dari level 90 ke 100.Dengan cara ini pula otomatis level karakter kamu akan naik lebih cepat.
  • Semakin tinggi level spell yang kita gunakan maka akan semakin cepat pula experience yang kita dapat saat leveling spell skill tersebut.
  • Follower kamu dapat menyembuhkan healthnya sendiri bila kamu memberinya healing potion.
  • Cara tercepat leveling Block skill yaitu dengan cara bertarung dengan musuh 1 lawan 1.Cari musuh yang tidak terlalu kuat (misalnya bandit atau draugr) kemudian lakukan blocking terus-menerus sementara tangan yang satunya siaga healing spell jika dibutuhkan.Bisa juga dikombinasikan dengan shout Unrelenting Force untuk memberi jarak.
  • Kamu tidak bisa melakukan fast travel bila beban bawaanmu melebihi batas carry cappacity maksimal (over encumbered), tapi kamu dapat melakukannya bila menunggangi kuda.
  • Kamu dapat mendaki perbukitan curam dan terjal yang tidak dapat kamu lakukan dengan berjalan kaki dengan cara menunggangi kuda.
  • Cara tercepat leveling Speech skill adalah dengan persuasion.Buatlah kesalahan kecil di setiap atau beberapa kota atau desa misalnya mencuri maka kamu akan mendapatkan bounty dan di blacklist karena kejahatanmu.Bicara dengan setiap guard di desa/kota tersebut, maka akan muncul dialog (A): "Wait, I know you!" (B): "No, you making a mistake." (A): There's no mistake... you're the wanted man.It's time to pay for your crime" ,kemudian pilih dialog (B): "Any chance I could talk you into overlooking this? (persuade)".Persuasion hanya dapat dilakukan sekali dalam sehari setiap guard.Atau bisa juga dengan cara melakukan persuasion terhadap Ungrien yang bekerja di Black-Briar Meadery.Akan tetapi butuh level speech skill pada level tertentu untuk melakukannya.Lakukan terus menerus hingga level 100.
  • Kamu dapat membunuh dengan mudah (instant kill) Forsworn Briarheart dengan mengambil (pickpocket) hatinya (briar heart).Akan ada lubang di dada kirinya setelah kamu membunuhnya.
  • Cara tercepat leveling Destruction spell dan Restoration Spell adalah dengan menyerang Mammoth (karena HP-nya lumayan besar) kemudian menyembuhkannya.Pancing Mammoth ke daerah bebatuan sehingga kamu dapat leluasa menyerangnya tanpa diserang oleh Mammoth.Lakukan terus-menerus hingga level 100.
  • Jika kamu level up... magicka, stamina, dan health kamu akan terisi penuh.Jangan buru2 melakukan upgrade, manfaatkan itu jika kehabisan health, stamina, atau magicka.Hal sederhana ini bermanfaat untuk menghemat potion saat diawal game.
  • Kamu dapat menambang ore dengan cepat dengan cara menggunakan pickaxe pada kedua tangan (dual wield) kemudian gunakan untuk memukul ore deposit.
  • Segera mungkin selesaikan quest "Bonds of Matrimony" atau menikah karena memiliki banyak keuntungan, diantaranya akan dapat buff Lover's Comfort (leveling semua skill 15% lebih cepat) bila kita tidur dengan pasangan kita, mendapat uang 100 septim/hari dari hasil dagang istrimu, memiliki rumah istrimu termasuk isi didalammnya, dll.
  • Alchemy dan Enchanting Item adalah cara tercepat untuk mendapatkan banyak uang meski tanpa mengupgrade perk.Kamu dapat membuat potion mahal dengan ingredient yg murah dan mudah didapat atau mengenchat item yang ditemui misalnya iron dagger kemudian menjualnya dengan harga tinggi untuk mendapatkan uang.Selain itu alchemy skill dan enchanting skill kita juga ikut bertambah.
  • Jika kamu level up kemudian mengupgrade stamina, max carry capacity kamu juga akan bertambah +5 .Saat masih pemula sebaiknnya utamakan upgrade stamina dahulu supaya kita dapat membawa barang loot lebih banyak dan dapat berlari menjauhi musuh lebih lama.
  • Cara tercepat leveling Illusion skill adalah dengan menggunakan spell Clairvoyance secara terus menerus atau gunakan spell Courage pada NPC (dia tidak akan marah).Gunakan level spell yang lebih tinggi supaya leveling lebih cepat.
  • Sebaiknya ubah tampilan kamera menjadi third-person view saat menjelajah hutan supaya jangkauan penglihatan lebih luas sehingga lebih mudah mendeteksi musuh.
  • Membelah kayu bakar, memotong kayu, dan membantu petani memanen tanaman adalah salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal saat baru memulai game.
  • Kamu dapat membunuh beberapa ikan sekaligus dengan menggunakan shout Unrelenting Force.
  • Jika kamu terkena buff negatif/negative effect setelah bertarung melawan musuh dan tidak punya potion "cure all disease", coba lihat kelangit dan cari burung rajawali.Bunuh burung tersebut menggunakan lighting spell kemudian gunakan bulunya untuk menyembuhkan negative effect.
  • Cara tercepat leveling Smithing skill adalah dengan membuat hide bracer (karena bahannya mudah didapat dan simpel) sebanyak mungkin.Jadi jika kamu betemu binatang dijalan seperti beruang, rusa, sabretooth, dll, bunuh dan jangan lupa bawa kulitnya.Tidak semua kulit binatang bisa dijadikan armor atau weapon.
  • Senjata yang paling baik dan efektif untuk dienchant "Soul Trap" adalah panah/bow.Cukup setting dilevel yang paling lemah supaya tidak cepat habis.
  • Kamu dapat menemukan beberapa "steel arrow" secara gratis di Solitude.Pergi ke depan Castle Dour dimana banyak prajurit sedang latihan memanah.Ambil panah yang menancap di target dummy hingga dirasa cukup.Bila kamu telah mengupgrade perk "Misdirection" atau "Perfect Touch", kamu dapat mengganti anak panahnya dengan anak panah yang kamu inginkan melalui  pickpocket.Maka guard tersebut akan menembakan panah yang kamu ganti tadi.Dibutuhkan pickpocket skill 70 keatas.
  • Cara tercepat leveling Alternation skill adalah dengan menggunakan spell yng sifatnya tidak merugikan orang lain secara terus menerus (misalnya Oakflesh, Stoneflesh, Detect Life, dll).Gunakan level spell yang lebih tinggi supaya leveling lebih cepat.
  • Detect Life spell sangat berguna saat kamu berpetualang memasuki hutan, memasuki dungeon, gua, dwarven ruin, dll.Kamu dapat mendapatkannya setelah menyelesaikan quest  "Infiltration" di Treva's Watch.Sangat membantu untuk mendeteksi musuh sebelum memasuki area tertentu.Kegunaannya sama seperti shout Aura Whisper.
  • Cara tercepat leveling Conjuraton skill adalah dengan menggunakan spell "Soul Trap" pada kedua tangan (dual casting) pada tubuh musuh yang telah mati.Kamu juga dapat menggunakan "wait" (hotkey T) selama 1 jam saat magicka-mu habis untuk mengisinya secara cepat.
  • Jika kamu memberi uang kepada pengemis, kamu akan mendapatkan buff positif yaitu "Blessing of Charity (speech skill +10) untuk beberapa saat.
  • Jika kamu tidur di tempat tidur rumahmu sendiri atau menyewa di penginapan, kamu akan mendapat buff positf "Well Rested" (leveling semua skill naik 10% lebih cepat).
  • Di Dragonsreach lantai 2 terdapat peta seluruh Skyrim beserta letak kota2 besar yang terdapat di Skyrim.Klik semua benderanya maka di map kamu akan muncul letak kota2 tersebut.Sangat berguna untuk membantu kamu saat menjelajahi Skyrim di awal permainan.
  • Kamu dapat menemukan spell book "Bound Bow" di Fort Amol.Bound bow (conjuration spell) adalah salah satu busur dan panah terbaik di Skyrim dibandingkan busur lain seperti Hunting Bow.Sangat berguna saat masih awal memulai game.Akan tetapi perlu mengupgrade magicka hingga level tertentu.
  • Hal sederhana yang perlu diingat saat melawan musuh adalah mengetahui kelemahan dan kelebihan musuh.Dunmer tahan terhadap panas, Nord tahan terhadap dingin, Argonian tahan terhadap racun, Troll lemah terhadap api, dll.
  • Kamu dapat menangkap anak panah musuh saat melayang diudara menggunakan shout Slow Time.
  • Ward spell (semacam perisai sihir) sangat berguna untuk menahan semburan naga (dragon breath) dibandingkan perisai biasa meskipun melawan Legendary Dragon sekalipun.Sedangkan perisai terbaik adalah Spellbreaker.
  • Shout "Clear Sky" merupakan shout sederhana namun cukup berguna.Jika terjadi badai salju atau kabut yang mengganggu pandangan saat berpetualang, kamu dapat menggunakannya untuk membuat cuaca menjadi cerah.Kamu dapat melihat "aurora" bila menggunakannya di malam hari.
  • Shout "Become Ethernal" sangat berguna saat kamu akan menggunakan spell tingkat master.Beberapa spell membutuhkan beberapa waktu sebelum mengeluarkannya (casting).Jadi musuh tidak dapat mengganggu kamu saat akan menggunakannya.
  • Cara tercepat untuk mengupgrade Ebony Blade adalah dengan menggunakan spell "Dead Thrall".Kamu cukup mengorbankan seorang NPC saja kemudian menghidupkannya lagi dengan spell tersebut.Lakukan terus menerus hingga Ebony Blade mendapat kekuatannya yang sebenarnya.Dibutuhkan Conjuration skill level 100 untuk membuka perk ini (master level spell).
  • Kamu dapat dengan cepat menaikan seluruh skill dengan memanfaatkan buku "Oghma Infinium" glitch (not recommneded).
  • Spell book yang dijual di merchant atau trainer akan terus bertambah seiring dengan level skill magic kamu.Jadi kamu tidak akan menemukan spell book yang lebih tinggi sebelum kamu mencapai skill level tertentu.
  • Jika kamu lebih memilih menjadi seorang Mage dan menyukai magic sebaiknya kamu fokus mengupgrade salah satu dari Fire, Ice, dan Lighting spell saja dari kategori Destruction Magic supaya lebih efektif.
  • Fire magic membutuhkan magicka paling sedikit dari yang lainnya.Fire magic hanya mengurangi health musuh namun memiliki efek "burn".Frost magic membutuhkan magicka sedikit lebih banyak dari Fire magic.Frost magic mengurangi health, stamina, dan memperlambat pergerakan musuh.Lightning magic membutuhkan magicka paling banyak dari yang lainnya namun memiliki damage paling besar.Lightning magic mengurangi health dan magicka.Manfaatkan perbedaan ini untuk melawan tipe musuh tertentu.
  • Melawan Spellcaster bisa sangat mematikan bila kita menghadapinya secara frontal terlebih lagi Master Spellcaster.Cara paling efektif untuk mengalahkannya ialah dengan cara stealth kill.Meskipun damagenya mematikan akan tetapi ketahananya sangat lemah (tanpa armor).
  • Kita dapat dengan mudah membunuh (instant kill) Atronach atau mayat yang dibangkitkan oleh Necromancer dan Conjurer dengan membunuh summonernya itu sendiri, tak peduli sekuat apapun makhluk yang ia bangkitkan.
  • Atronach kebal (immune) terhadap elemennya itu sendiri, jadi jangan lupa bila berhadapan dengan Atronach musuh.Namun hal ini membuat Atronach kita aman saat kita menggunakan tipe spell yang sama dengan element Atronach kita.
  • Jika kamu seorang Mage, "Impact" perk sangat berguna saat kamu berhadapan dengan dragon.Setiap destruction magic yang kamu lontarkan akan membuatnya goyah (stagger) sehingga dragon tidak mampu berbuat banyak apalagi menyeburkan api maupun es.Istilah kerennya "deadlock".
  • Setiap close-combat weapon memiliki keuntungan yang berbeda.Sword dapat diayunkan (swing) lebih cepat dari axe, sedangkan axe lebih cepat daripada mace.Sword memiliki bonus critical hit chance, axe memiliki bonus efek "bleeding", dan mace dapat memberikan damage ke musuh tanpa dikurangi dari armor yang digunakan musuh.Sword merupakan senjata paling ringan namun memiliki damage paling kecil sedangkan mace adalah senjata paling berat namun memiliki damage paling besar.
  • Bila kamu memberikan obor (torch) kepada follower/companion kamu, dia akan menggunakannya saat malam hari
  • Jika kamu tipe seorang  Stealth Killer yang suka mengendap-endap  dan menyukai stealth kill, sebaiknya kamu tidak perlu membawa follower/companion sebab mereka dapat menggangu.
  • "Light Foot" perk sangat berguna kamu menyukai stealth.Kamu tidak akan memicu perangkap apapun bila menginjaknya yang membuatmu terdeteksi musuh.
  • Sebelum membuka peti (chest) sebaiknya berhati-hati terhadap perangkap.Kamu dapat menjinakannya seperti lockpicking.Perangkap ini cukup menyulitkanmu saat di awal game.Ubah tampilan kamera menjadi first-person camera supaya lebih jelas.
  • Kamu dapat mematikan obor di dinding untuk membuat ruangan menjadi gelap supaya musuh lebih sulit mendeteksi keberadaanmu.
  • Shout "Throw Voice" sangat berguna bila kamu menyukai stealth.Shout ini berguna untuk mengalihkan perhatian musuh (banyak yang menganggap shout ini tidak penting).
  • Bila kamu melakukan sprinting, power attack, atau kegiatan lain yang membutuhkan stamina sebaiknya jangan melakukannya hingga habis, sisakan sedikit.Memerlukan waktu beberapa detik sebelum stamina kamu terisi (regenerate) kembali.
  • Salah satu skill penting yang perlu terus ditingkatkan di awal game adalah Speech skill.Kamu akan merasakan manfaatnya nanti.
  • Bila kamu melakukan kejahatan atau bounty level kamu cukup tinggi, guard akan menyerangmu.Simpan senjatamu (sheate) maka mereka juga akan berhenti menyerangmu dan memintamu membayar bounty atau masuk penjara.
  • Jika kamu memilih dipenjara, jangan lupa ambil barang2mu kembali di sebuah peti bernama Prisoner Evidence namun barang curianmu sudah lenyap (bertanda "stolen").
  • Bila kamu menjelajahi reruntuhan bangunan tua (ruin), pasti kamu akan bertemu banyak "draugr" dan terkandang dilantainya banyak terdapat tumpahan minyak.Biasanya disekitar situ terdapat lampu gantung.Kamu dapat memanfaatkannya untuk membakar minyak dilantai dan membunuh beberapa draugr sekaligus (draugr lemah terhadap api)
  • Setiap kota besar memiliki kereta kuda (wagon) di dekat pintu masuk kota.Kamu dapat menggunakannya (dengan membayar) untuk pergi ke kota lain meski kamu belum pernah kesana sekalipun.Berguna saat awal permainan.
  • Kamu dapat mengambil kunci rumah dari NPC yang telah menjadi followermu.Selain itu kamu juga dapat mengambil beberapa barang2 dan tidur di tempat tidur mereka
  • Jika kamu memerikan senjata atau armor kepada followermu, dia akan menggunakannya bila senjata/armor yang kamu berikan lebih baik dari yang ia gunakan.
  • Bila kamu berpapasan dengan NPC di kota dan berkata "Are you feeling sick?" atau "You don't look better" atau semacamnya, itu berarti kamu sedang terkena negatif buff.Coba cek di bagian "active effect".Gunakan potion yang sesuai untuk menyembuhkannya atau pergi kuil suci untuk mendapatkan "blessing".
  • Kamu dapat memindahkan benda dengan cara menahan hotkey "E".Kamu dapat memanfaatkannya untuk memindahkan barang ke tempat tersembunyi sebelum kamu mencurinya.
  • Jika kamu kesulitan mencari tempat dari quest yang sedang kamu jalankan, kamu dapat menekan hotkey "M".
  • Di setiap Dragon's Lair pasti terdapat Dragon Wall yang kamu butuhkan untuk mempelajari shout baru.Akan tetapi tidak semuanya terdapat di Dragon's Lair.Kamu dapat bertanya kepada Argenier di High Hrothgar letak Dragon wall tersebut.Segera mungkin temukan semuanya karena akan sangat membantumu dalam permainan
  • College of Winterhold adalah tempat terbaik untuk mencari spell book bila kamu seorang Mage.
  • Skill yang paling mudah di leveling adalah Sneak skill.Kamu hanya perlu melakukan sneaking.Namun akan lebih cepat jika kamu melakukan stealh kill juga.Sneak skill tidak akan bertambah jika kamu melakukan sneaking tanpa ada musuh disekitarmu
  • Saat kamu mengunjungi penginapan (inn), coba tanyakan mengenai job kepada inn keeper.Terkadang ia menyimpan selebaran quest dari Jarl setempat.Tanyakan pula mengenai rumor yang sedang beredar untuk memberimu petunjuk mengenai suatu quest tersembunyi.
  • Bila kamu memakan suatu ingredient item, kamu akan mempelajari 1 efek dari ingredient tersebut.Namun kamu dapat mengetahui 2 efek dari item tersebut setelah memiliki "Experimenter" perk.
  • Teknik saat melawan dragon di alam terbuka dengan close-combat weapon adalah menyerang di bagian kepalanya.Jangan lari menjauh bila dia menyemburkan api/es.Hal ini justru membuatmu lebih cepat terbunuh.Lakukan "bashing" saat ia menyemburkan api/es di kepalanya menggunakan senjata kita agar dia terpental dan berhenti menyembur (stagger).Dapat pula menggunakan power attack namun membutuhkan banyak waktu.Serang terus saat ada kesempatan.Hal ini membuat dragon tidak dapat melakukan banyak hal, istilah kerennya "headlock".Jika level karakter kamu masih rendah hati2 bila health kamu dibawah 50% karena dragon dapat membunuhmu seketika dengan menggigitmu (critical kill).Manfaatkan benda disekitar lingkunganmu seperti batu dan pohon untuk berlindung dan melakukan healing.Dapat pula dikombinasikan dengan shout "Become Ethernal".

Sekian, semoga bisa membantu Skyrimer2 sekalian :D

-ERWIN-



 PERHATIAN :
  • Mohon maaf bila ada kesalahan dalam pengetikan atau pemberian nama.
  • Nanti kalau ada yang ketinggalan akan di update lagi... terima kasih :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Comments